Langsung ke konten utama

EKONOMI WEB


Ekonomi Web adalah  ilmu  yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa yang berbasis Web.


Contoh Website Perusahaan

Unilever



Menurut Bowen Craggs, website perusahaan Unilever sudah bagus dari awal dan kini kualitasnya semakin meningkat dan semakin efektif. Unilever berhasil menciptakan citra perusahaan yang peduli terhadap sustainability, salah satu kampanyenya adalah untuk membantu warga India memperoleh toilet yang layak.

 HSBC


HSBC naik 10 peringkat dari posisi 30 di tahun 2016 menjadi posisi 20 tahun ini. Menurut Bowen Craggs, HSBC berhasil menampilkan image sebagai pemimpin di bidang bisnis dan finance.

True LinksWear


True LinksWear adalah finalis kategori Best New Site di ajang penghargaan Big Commerce Design Awards 2018. Website toko online yang menjual footwear ini berhasil meningkatkan penjualannya sebesar 700 persen berkat desain indahnya.

Dampak Ekonomi Pengaruh Web

Iklan

Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan. Iklan juga merupakan komunikasi non-personal. Manfaat iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen kepada khalayak umum.
Dampak adanya iklan:
  1. Dampak terhadap produk
 Kepercayaan terhadap produk meningkat dan memperkuat daya beli konsumen sehingga pabriknya harus memproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi selera dan kebutuhan konsumen.
  1. Dampak terhadap Media
Media akan mendapat keuntungan, karena pihak yang membuat iklan memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk digunakan bagi penyebaran pesan tentang produknya.
  1. Dampak terhadap Perusahaan.
Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik, cara kerja, kemajuan manajemen, dan teknologi yang digunakan.
  1. Dampak terhadap para pesaing
Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan pabrik lain akan berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi lainnya.
  1. Dampak terhadap Konsumen.
Konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap produk yang sama maupun substitusi
  1. Dampak terhadap Bisnis dalam Masyarakat.
Iklan mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan bisnis apakah itu jaringan bisnis baru maupun memperluas jaringan bisnis yang lama. Semuanya berdampak pada pemerataan pendapatan.
  1. Dampak pada Harga
Menambah nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah penambahan biaya iklan untuk produk itu pada media karena jasa periklanan yang digunakan.

Penjualan Online

Penjualan online adalah melakukan aktivitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat komputer sebagai penghubung jaringan internet.
  1. Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan mengubah kebiasaan bertransaksi masyarakat. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online alih-alih melangkahkan kaki ke outlet penjualan. 
  2. Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya dengan menawarkan barang dan jasa via online. Banyak situs yang menyediakan jual beli online. Dengan adanya Internet masyarakat tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. 
  3. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.

Online Auctions

Online auction adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu. 
Lelang secara online pertama kali melakukan aktivitas berbasis web komersial dengan penjualan yang signifikan dimulai pada bulan Mei 1995 yaitu perusahaan Onsale. Pada bulan September dengan tahun yang sama eBay juga mulai melakukan perdagangan. 
Kelebihan E-Auction:
  1. Tidak terbatas oleh waktu dan tempat.
  2. Jumlah penawar dan penjual yang besar.
  3. Effisien, tidak diperlukan invenstasi khusus untuk menyelenggarakan e-auction di suatu perusahaan.
  4. Implementasi mudah dan cepat.
  5. Mudah digunakan, layanan mencakup lokal dan seluruh dunia.
  6. Manfaat bagi penjual:
– Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
– Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
– Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
  1. Manfaat bagi pembeli:
– Kesempatan untuk menemukan barang yang dicari
– Hiburan bagi pembeli
– Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular
  1. Manfaat bagi Auctioner:
– Pembelian yang lebih tinggi.
– Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
– Ekspansi bisnis lelang.
Kekurangan E-Auction:
  1. Sering terjadi kegagalan proses upload penawaran pada paket lelang.
  2. Penawaran tidak sesuai syarat (underpriced bid) yang masih sering terakomodir.
  3. Penanggungjawab dari system online tidak jelas.
  4. Security system terkait kerahasiaan data penawaran juga tidak jelas.






Komentar

Postingan Populer